Minggu, 06 November 2011

Memindahkan aplikasi android ke memory card hanya dengan root dan aplikasi download-an dari market

Sempet bete abis gara-gara internal memory hp aku (Samsung galaxy Ace) sering ngadat bilang kalo internal memory full. Gimana ga bete selain gara-gara si simbolnya yang terus-terusan anteng di notif tapi kadang juga ngeganggu banget ke aktifitas hp nya. Setelah googling kesana kemari blog walking mencari cara yang pas buat cari solusinya. Ternyata hampir rata-rata caranya pada belibet.
Sebelum mulai demonstrasi nya, ada baiknya download ini dulu deh;

1. SuperOneClick aplikasi buat nge-root hp kita via pc. Tenang aja caranya simple banget kok buat ngeroot android kita ;)
2. Move2SDenabler bisa di download free dimarket
3. App2SD bisa di download juga di market
4. Kabel data yang masih mulus atau card reader

Kalo udah download semua aplikasi di atas insyaAllah aman.

1. Langkah pertama
Sambungkan hp kita dengan pc, pastikan hp kita udah bener-bener fully finished connected to our pc. kalo udah buka deh aplikasi SuperOneClick nya dan kalo hp kita udah nyambung ke pcbisa langsung di klik ROOT. Tunggu beberapa saat sampai ada tulisan Device rooted. Beres di root restart hp kita. Pertama nya aku jugaaneh karena tiba-tiba ada aplikasi superuser yang ujug-ujug nongol, gpp itu bawaan setelah root, kalo root kalian berhasil berarti si aplikasi SuperUser ini emang wajib ada.

2. Langkah kedua
Buka aplikasi Move2SDEnabler dengan posisi hp masih terhung ke pc dan ikutin langkahnya.
 Klik I've read it(pasti males dibaca) lalu Next
 Nah kalo udah di Next bakal ketemu ini, pilih external dan Apply!
Nah kalo udah mucul perintah ini berarti sukses! Kamu bisa lanjut ke tahap selanjutnya, Terserah mau click Yes or No, tapi kalo milih Yes kita akan memindahkan aplikasi ke memory card secara manual lewat settings. Jadi kalo mau make aplikasi app2sd mending di click No aja deh ya~

3. Langkah ketiga
Buka aplikasi App2SD, kabel data atau hp bisa kita disconnect dari pc. Nah terus buka tab MOVABLE dan bisa di refresh biar semua list aplikasinya keliatan.
 Terus lanjut diklik aja Move all apps daaaaaaaaaaaan semua aplikasi insyaAllah bisa kita move kecuali biasanya Market, Gmail, Yahoomessenger kalo ada yang emang perlu banget buat stay close sama sistem hp (?)
 Udah  itu kita bisa langsung di bawa dan dituntun untuk proses selanjutnya ;)
Semoga bermanfaat yaaaa <3



*Resiko ditanggung sendiri


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini